Showing posts with label My Artikel. Show all posts
Showing posts with label My Artikel. Show all posts

Tuesday, August 23, 2016

Jantungku berdegub kencang firasatku semakin jelas, untuk mendekati ajalku. Iyya tidak bisa tidak, genderang perang sudah ditabuh. Beberapa penari lenggak lenggok bak pemandu sorak yang menyemagati kepergian kami menuju kemedan perang. Itulah tarian perpisahan. Aku menatap sayu dari belakang kulihat kaki- kaki penari itu.
Art & Culture
Dolalak dance is an acculturation dance of javanese and western (European).

Saturday, August 6, 2016

Suara gemuruh menggema  sampai ke sudut-sudut ruangan, lambaian dan tepuk tangan penonton menambah riuhnya malam, peluhku menetes memudarkan lapisan tipis diwajahku seperti taburan debu didedauanan yang tertetesi oleh embun-embun pagi, apakah ini mimpi lagi? Yang biasa aku menuliskannya di secarik kertas setelah aku terjaga, ini kenyataan kawan, dan aku merasa tenang saat beberapa kali tarikan napas panjang.

Thursday, March 31, 2016

Aku ingin kembali
oleh: kak_soim

Rasanya aku ingin pulang
Pulang kembali kepangkuanmu

Mengadukan semu rasa ini bu
Aku sadar, waktu takkan pernah kembali
Tak mungkin lagi aku kembali
Ya tuhan.... aku tak kuat lagi..
Wahi tuhan yang membolak balikkan hati
Sabitqolbi ‘ala dinik.. sabit’qolbi aladinik
Samapaikan salam kepada kekasih engkau
Kenapaa aku harus mengenal mu?
Mafkan aku yang mengusik ketenangan hidupmu
Aku harus pergi, masi banyak yang haru ku tanggung
Maaf telah mengukir luka
Apa ini yang terbaik?
Adakah jalan lain selain meninggalkan mu?
Ah, jiwaku bergejolak lagi


Aku Ingin Mencintai Dengan Sebenar – Benar Cinta

Ya Allah, betapa aku malu atas apa yang telah engkau berikan sebagai manusia, segala khilaf tertuju padaku, sungguh tidak ada apa-apa pada diriku yang kecil ini.
Terlena, sungguh aku sering terlena pada pesona nafsu dunia dan diri. Aku ingin kembali, tertunduk pilu dalam sujud syukur kembali pada cahayaMu..
Ya Rabbi, menghamba padaMu adalah tujuan akhir penantianku, setiap degupan yang berdetak kerana Izin KuasaMu. Setiap langkah yang tak putus beriring dengan Asmamu Ya Rabbi.
Segala keluh kesah hanya tercurah padaMu, tidak akan berkat langkahku tanpa redha Mu Ya Rahman. Cahaya Mu, cahaya dalam sepi hidup menjadi senyum ikhlas yang tak putus pada Rahmat Mu,  melahirkan kembali kepada fitrah yang suci dengan  Selawat yang menggema pada jagat raya Mu.
Dalam sepi, aku sering hilang, tidak mengingati Mu, namun Engkau tetap menjagaku dalam nikmatnya nafas yang ku hembus dalam raga, tak putus-putus Engkau mengingatkanku dan Halusnya Peringatan Mu. Tidak  Engkau terus memberikanku hukuman, walaupun betapa kuasanya diriMu Ya Robbi.
Sujud yang mengalun merdu dalam sepertiga malam membuat terhanyut dalam ribuan titisan air mata taubat.. Sebiji zarrah pun dihitung baik kebaikan dan keburukan.. Berkatilah kami ya Rabbi..
“aku ingin mencintaiMu setulusnya sebenar-benar aku cintadalam doa, dalam ucapan, dalam setiap langkahku, aku ingin mendekatiMu selamanya sehina bagaimanapun diriku, kuberharap untuk bertemu denganMu ya Rabbi.. .. “


Tuesday, March 22, 2016

Bayu si pemalu

(oleh: kak_soim)

Namaku bayu aku terlahir dari keluarga yang sederhana, rumahku dipelosok desa, jauh dari keramaian kota. Makan pun alakadarnya, tapi aku merasa bahagia masih bisa hidup dan bersanding dengan alam yang terbentang luas. Aku adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Inilah ibuku ibu Ambarwati namanya, ibuku adalah orang yang penyabar dan menjadi penenang dalam keluarga. Aku orangnya pendiam dan jarang bicara selain itu juga malu-malu, pernah sauatu saat aku pipis dalam celana karena malu meminta izin ke belakang ketika waktu di sekolah TK, banyak orang mengenal ku dengan sebutan bayu si pemalu.
Semenjak kecil aku sudah dididik hidup yang disiplin dan kerja keras,bagaimana tidak?

Saturday, March 12, 2016

Biasa Aja
Itulah kata yang paling bosenin yang pernah aku denger, padahal aku sendiri yang sering ngucapin. Misal gini ya ada sebut aja temen cewe yang nanya ke aku , gimana si perasaan kamu ke aku? Biasa Aja Jawabku (&%$#). Karena aku tak mampu mendefinisikan perasaan aku ke kamu, wow kan? Ngak ah biasa aja.  Tapi dengan Biasa aja ini, mejadi awal Debut aku dalam menulis. Taukan debut? ya betul D E B U T (emang si ngak asing kaya nama bulu  gitu) rambut maksudnya pak . Biasa aja memiliki arti yang lugas dan luas termasuk tulisan ini, ya biasa aja.
Tapi sebenernya untuk Biasa Aja menurut aku ngak mudah, seperti hal dalam menyikapi hidup ini, ya jangan berlebihan, biasa aja. Dalam istilah jawa yang populer itu adalah ‘Ojo Gumunan’ maksudnya apa? Detailnya si aku ngak tau cuman intinya biasa aja. Aku ngutip kata-kata orang bijak gini

Saturday, March 21, 2015

Motivasi Atlet- Bulan maret 2015 merupakan bulan dengan moment yang tak terlupakan dalam hidupku, karena disitu aku menemukan arti, arti dari sebuah kompetisi olahraga. Ya saya merupakan penggemar olahraga pencaksilat disamping olahraga yang lain seperti volley,tenis meja dan renang. Sekali lagi saya kalah dalam turnamen Kejuaraan nasional pencak silat yang merebutkan piala presiden RI yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia, yang lebih menyedihkan adalah ketika saya kalah dengan skor yang drow dan selisih tipis satu point pada babak perempat final yang selangkah lagi jika saya menang akan mengantongi minimal perunggu,apa boleh buat kalah-tetap saja kalah. ya ingatanku masih sangat jelas ketika itu saya berada disudut merah, saya berkali-kali kalah mulai dari event Pekan olahraga kota, pekan olahraga kabupaten, PIONIR di banten 2013, invitasi nasional di UPN 2013, Kejurnas di UGM.
Invitasi Nasional UPN 2013
 Kejurkab Sleman 2014 

Kejurkab Sleman 2014 

 PIONIR Banten 2013

 Kejurnas UGM 2014

Kejurnas UGM 2014




Kejurnas Piala presiden UPN 2015


Kita tidaklah bisa memutar waktu agar kembali, dan tak mungkin menampik bahwa  bkalah dalam turnamen itu, yang bisa saya lakukan adalah bagai mana saya mensikapinya dengan lapangdada dan menjadikan sebuah pelajaran yang sangat berharga. Mendali bisa dibeli ujar teman saya yang mensuport saat pertandinagan. Walaupaun ada sedikit penyesalan akan tetapi saya merasa lega karena sudah dapat bermain sebaik yang saya bisa. Semua karena  motivasi teman-teman serta kepercayaan pelatih hal yang sangat mengena ketika pelatih saya mas Fahmi bilang kesaya :  “udah lah kamu itu punya semuanya tendangan kamu itu kuat , pukulan kamu itu juga kuat, kamu itu Cuma butuh yakin pada dirimu.yakin,yakin dan yakin. Saya juga ngak narget kamu harus menang yang penting kamu bisa main yang enjoy dan los (maksimal tanpa ada beban)” ya dan dan ternyata benar sesuai dengan buku yang saya baca LOGOTERAPI karya bastomi. Bahwa musuh yang sebenarnhya harus dikalahkan adalah dirimu sendiri.
Arti sebuah kompetisi bukan lah menang tujuan utama yang dicari akan tetapi bermain sebaik-baiknya dan menang itu hanyalah sebuah bonus, karena jika mindset yang tertanam dalam dirikita hanya menang,menag dan menjatuhkan ataupun menyakiti lawan pastilah kita akan sulit untuk menang,.

Terimakasi untuk pelatih dan teman-teman semuanya yang telah mendukung serta memberi kepercayaan untuk mewakili kampus dalam Kejurnas UPN 2015, 

Wednesday, November 5, 2014

Etika dan religiusitas anti Korupsi
oleh: Ahmad Soim

Ada ungkapan senonoh yang megatakan “cucuran uang rakyat jatuhnya ke DPR juga” ya rasanya ungkapan yang tepat untuk mengkritisi pemerintahan saat ini, dengan banyaknya anggota DPR yang terseret kasus korupsi. DPR merupakan wakil rakyat dan penyalur aspirasi rakyat yang seharusnya mementingkan kepentingkan rakyatn sekaligus menjadi figur contoh bagi masyarakat.Bisa dilihat banyak DPR yang masih tidur saat rapat yang mungkin tertalu nyaman dengan kursi empuknya atau sudah capek dengan video yang ditontonnya tidak hanya itu masih ada yang lempar kursi,gebrak meja yang semua itu tidak mencerminkan diri seorang wakil rakyat. Disitulah etika dan moral perlu dibangun, DPR tidak hanya sekedar pintar,pandai beragunen tapi juga harus bermoral. Hal yang pokok dan perlu dibenahi untuk bangsa ini adalah pembentukan karakter diri tidak sekedar mencerdaskan otak tapi juga mencerdaskan jiwa yang sesaui dengan lagu kebangsaan kita yaitu hal pertama yang perlu dibangun adalah jiwanya kemudian baru badannya termasuk otaknya.
Etika dan nili-niali luhur bangsa ini merupakan sautu hal yang urgen dimiliki setiap orang indonesia karena itu menjadi benteng diri dari korupsi. Tidak perlu membuat lembaga anti korupsi sebenarnya jika orang –orang yang kita menjunjung tinggi etika dan nilai-nilai luhur bangsa.  Kita melihat berdiri kokoh pancasila yang berlambang garuda dengan sila pertama yang berbunyi Ketuhanan yang maha Esa. Sebuah gagasan ideologi yang luarbiasa  mengambarkan betapa dijunjungya nilai ketuhanan dan religuisitas dan dalam setiap agama manapun tidak membenarkan dibolehkannya korupsi. Terus ada apa dengan bangsa ini yang sampai-sampai kementrian agama pun masih dilanda dengan kasus-kasus korupsi tidak hanya kementriannya saja melaikan mentrinyapun terseret kasus korupsi. Ironis memang,orang yang tau hukum agama harusnya lebih mengerti, atau mugkin karena tau hukum itu maka dapat dipermainkannya. Ini masalah pertanggung jawaban kepada Tuhan atau mungkin mau bernegosasi dan melobi kepada tuhan?

Sekalilagi religiusitas tidak hanya tampak dari luar tapi merasuk dalam hati sanubari karena disitulah kebenaran. Agama bukan sekedar kedok dan menjadi bungkus akan tetapi harus benar-benar dipahami bahwa semua itu ada pertanggugjawabannya kepada Tuhan. Jadi bangunlah jiwa dengan membentuk insan yang beretika dan bermoral serta menjadi mahluk yang bertuhan secara benar akan menjadi penawar racun mematikan yaitu korupsi.

sumber : www.globethics.net

Tuesday, June 3, 2014

Sihir Cinta
oleh : Ahmad Soim
Dia datang lagi, menghantui pikiranku
Ah mungkin aku terkena candu atau mungkin lagi sakao
Mungkin juga aku kena gunaguna,
ah tak tau,mantra pengkalnya
haruskah kau ku pinang dengan bismillah,
tapi cinta katanya jangan buru-buru
lindungi aku dari syetan dan wanita penggoda
tapi dia bukan penggoda
terus apa? Apa aku salah?

Saturday, January 11, 2014

Sebelomnya aku mau cerita dulu ni guys berawal dari aku kenal sama cewe sebut saja namanya neng(SSsst rahasia) .. pada awal aku ketemu dia rasa-rasanya sudah merasakan tanda-tanda adnya  medan CINTA (haha kayak di fisika aja) ya memang benar perasaan itu tidak dapat aku pungkiri adanya bahwa aku suka dia.. ni yang lebih parahnya cewe yang aku taksir itu udah punya pacar,, tapi satu hal yang dapat aku ambil hikmahnya “aku jadi gak mungkin pacaran sama dia” karena menurutku yang masih labil ini pacaran jangan dulu deh, takut dosa takut gak focus cari ilmu, setuju gak??
ya terserah lah itu pendapat aku aja si.. alasan utamaku yang pasti aku saat ini itu di berikan amanah untuk cari ilmu buakan cari pacar.. hehe  , so pasti nanti ada waktunya sendiri buat cari pasangan hidup.
Suadah kita kembali ke topic yang di atas bagai mana cara melupakan orang yang kita sayang,Pernah aku coba beberapa kali menghapus nomer HP nya ya biar gak ada komunikasi gitu.. ehh,, gak manjur malah jadi apal nomer hp tu cewe.. pernah juga beberapa kali UNFRIEND di facebook. Tapi sama aja walupun di unfriend serig aja aku liat wall nya.. yang pokonya macem macem cara..
Dan sampai pada akhirnya aku angkat tangan dan menyerah .. dan aku temukan jawabannya saat aku nonton film “cinta brotosaurus“ dan aku setuju tu cinta itu bakal kadaluwarasa.. untuk lebih jelasnya nonton sendiri aja filmnya ya..
Sebenernya ini jawabannya ngapain kita ngelupain orang yang kita cinta..????
ah bodo banget si.. orang yang kita cinta ko di lupain, yang ada orang yang kita cinta itu ya harus kita jaga, kita sayangi.

@cinta yang kita punya harus sekuat brotosaurus,yang mampu bertahan samapi salah satu pergi meninggalkan dunia terlebih dahulu@
 

Tuesday, December 31, 2013

Ini merupakan rangkaian panjang kegiatan yang dinamakan PARTY (Pesta Akhir Tahun teknik indusTRY)
yang salah satunya adalah ini dia temu dan diskusi alumni teknik industry dari semua angkatan yaitu tahun 2005 sampai anggkatan 2009,kegiatan ini dimotori oleh HIMA teknik industri yang bekerjasama dengan pihak dosen.
Pada kesempatan ini Alhamdulillah saya di beri kesempatan untuk memandu jalannya acara,ya walaupun banyak kekurangan seperti molornya acara,acara ini memang masih perdana yang di ketuai oleh pak Trio Jonatan yang sekaligus menjadi ketua panitia dalam acara tersebut.
Manual acaranya adalah
1. Pembukaan
2. pembacaan gema wahyu ilahi
3. sambutan-sambutan
4 .Diskusi alumni
5. Penutup
Acara tersebut jua di meriahkan hiburan dari anak saintek music,dan juga dari anak-anak teknik industri juga seperti  stand up comedy yang di bawakan wahyu siddiq saputra yang merupakan anak T.ind 2012,ada juga ni beatbox (music tapi munggunakan mulut) ya pokoknya keren lah..
Acara diskusi menghasilkan titik penerangan dengan terpilihnya pengurus alumni yaitu dari ketua,sekretaris dan bendahara.
pemilihannya dilakukan dengan voting dan akhirnya terpilihlah
Sebagai ketua :mas dwi ato yang akrab di panggil mas iko
Sekretaris dan bendaharanya adalah mas saiful dan mas trio jonatan yang beliu ini juga menjedi dosen di teknik industry UIN sunan kalijaga. Yang sebenarnya tema yang  diusung pada diskusi tersebut adalah MAU DIBAWA KEMANA ALUMNI????,dan saya rasa sudah terjawab sudah pertanyaan itu.
Yang jelasnya dari acara tersebut dapat kita ambil hikmanya dan petik manfaatnya baik bagi mahasiswa yang masih aktif atoupun yang sudah menjadi alumni. Selain sebagai ajang silaturahim juga sebagai link keluar anak teknik industri sendiri,bertukar pengalaman ,sharing masalah pekerjaan dan lain sebagainya asalkan jangan bertukar istri saja.. hehe
Suatu yang harus kita sadari bahwa kita, Alumni, merupakan bagian dari Keluarga Besar Teknik Industri UIN Sunan Kalijaga, sampai kapan pun akan melekat dalam diri kita, dimanapun kita berada dan apapun keberadaan kita. Setuju kan??
Dan pokoknya kita wajib bersyukur dan bangga jadi anggota keluarga besar teknik industry UIN Sunan Kalijaga,,

sekian dulu terimakasi…
ya sayang nya gakada dukumentasinya,,
L
lebih lanjut bisa liat ni munggkin udah di post beritanya www.industri.uin-suka.ac.id





Friday, September 13, 2013


Pesan orang tua kepada anaknya yang pergi  nyantri di sebuah pesantren:
tidur yang enak dan makanlah yang enak”
Kalau kita tidak memahami makna kata tersebut maka yang ada dalam pikiran kita adalah hidup dalam keenkan,karena seperti yang kita kita ketahui bawasannya kehidupan di pesantren itu adalah penuh dengan  ke sederhanaan dan latian prehatin (jawa,red)

Ternyata jika pahami maknanya lebih jauh adalah tidur yang enak maksudnya adalah tidur disaat memang bener-bener  mengantuk. Dan makan yang enak adalah makan yang memang  disaat perut kita bener-bener lapar. Subhanallah..
pengen menikmati  manisnya air tawar? Maka engkau harus benar-benar haus dulu..
Menyinggung mengenai ngantuk imam gozali pernah berkata  “annaumu sibhul maut”  yang artinya adalah tidur itu menyerupai orang mati.

Ngantuk itu kalau