Jumat, 13 September 2013

Dilema ngantuk


Pesan orang tua kepada anaknya yang pergi  nyantri di sebuah pesantren:
tidur yang enak dan makanlah yang enak”
Kalau kita tidak memahami makna kata tersebut maka yang ada dalam pikiran kita adalah hidup dalam keenkan,karena seperti yang kita kita ketahui bawasannya kehidupan di pesantren itu adalah penuh dengan  ke sederhanaan dan latian prehatin (jawa,red)

Ternyata jika pahami maknanya lebih jauh adalah tidur yang enak maksudnya adalah tidur disaat memang bener-bener  mengantuk. Dan makan yang enak adalah makan yang memang  disaat perut kita bener-bener lapar. Subhanallah..
pengen menikmati  manisnya air tawar? Maka engkau harus benar-benar haus dulu..
Menyinggung mengenai ngantuk imam gozali pernah berkata  “annaumu sibhul maut”  yang artinya adalah tidur itu menyerupai orang mati.

Ngantuk itu kalau

menurut guru saya adalah nikmat yang membawa sengsara karena pada saat itu saya sedang berada dalam ruang kelas dan sedang dalam proses belajar mengajar..
Mungkin setelah bertaun-taun saya berexperimen (bahasa kerennya) mengenai ngantuk dikelas saat proses belajar ternyata dapat disimpulkan bahwa aada beberapa factor yang mempengaruhi saya ngantuk antara lain..

1. kekurangan asupan gizi dalam hal ini solusinya dapat diganti dengan suplemen madu,

2. faktor pisikis juaga mempengaruhi menurut saya seperti halnya banyak tugas sekolah tambah lagi yang anak pesantren hafalan dan ain sebagainya.. solusinya buat have fun aja jalani dengn maksimal dan penuh dengan pikiran yang positif.

3.kurang kokohnya niat dalam belajar,kalu ini caranya perbanyak aja cari motivasi ex:buku,film dan lain-lain..

Ini dia menurut saya poin yang menarik setelah saya coba-coba, karena memang saya dulu dari pesantren jadi untuk tidur itu biasa larut malam, dan apa yang terjadi saat sekolah di paginya?
tak jarang saya dibangunin guru saya karena tidur dikelas hehe.. sungguh pegalaman yang indah dan tak kan terlupakan.memang  ya masa indah itu masa-masa  dis sekolah kaya di lagu…
Setelah saya kuliah saat ini ternyata tidur terlalu awal pun juga masih nagan tuk di kampus… emang dasar kebo haha… ehh ternyata  saya dapat formulanya jadi seperti apa yang dikatakan di atas tadi “TIDURLAH YANG ENAK” akhirnya saya tidur ya emang dalam keadaan yang bener-bener ngantuk. Dan suadah kebiasaan ku tidur saat larut malam dan gak ngantuk lagi ..
karena saya pernah membaca buku gimana si tips agar sukses di perguruan tinggi itu???
dan jawabannya adalah ..
1. KURANGI TIDUR
2. KURANGI TIDUR
3.ADALAH MASIH KURANGI TIDUR..
DAN tentunya waktunya di gunakan untuk manfaat yang lain.. baca buku, dsb.

oleh: Ahmad soim

sekian eksperimen saya ,, di tunggu komennya,, hehe


Tidak ada komentar: