Wednesday, May 22, 2013

Pesantren ATTIN,Doplang,Purworejo

Banyak hal yang telah kulalui bersama dengan pesantren ATTIN dolplang,purworejo. pesantren yang berada di daerah purworejo.lebih tepatnya di desa doplang kec,purworejo kab.purworejo. menjadi sesuatu yang istimewa bagi saya kususnya. pesantren yang diresmikan oleh mbah Mad watucongol(ahmad abdul haq) ini. didirikan oleh KH.kusni mubarok.
sedikit mengenai pengasuh yaitu beliu ini meupakan asli orang pati kemudian mendaptkan garwo orang purworejo,banyak ilmu yang sudah beliu serap  dari berbagi pondok pesantren,beliu sekarang juga masih aktif menjadi seorang polisi  di polres purworejo.

pesantren ini pada umunnya berisi santri yang masih pelajar SMA atu sedrajat,yang juga memiliki kegiatan rutin seperti pengajian jum'at kliwon yang dilaksanakan kurang lebih satu bulan sekali.selai itu untuk porsi ngaji para santri dilakukan pada malam hari. exra lain dari pesantren ini adalah rebana dan beladiri.nilai plus dari pesantren ini yang tidak akan dijumpai di pesantren lain adalah Pengobatan,yang sesui dengan namanya yaitu ATTIN metode yang di gunkan dalm pengobatan ini adalah dengan metode herbal.serta dengan doa-doa.

 
yang lebih menarik lagi bahwa pengobatannya degan melalui perantara Ayam,ayamnya pun sembarang tergantung yang berobat laki-laki atau perempuan.
untuk lebih lengkapnya akan saya posting di artikel berikutnya,,,,
banyak juga santri yang datang dari luar kota seperti kebumen,magelang bahkan banyak yang dari luar jawa bisa untuk merekatkan tali silaturahim antar alumni biasa diadakan reunian yaitu hari ketiga lebaran. untuk acara-acara besar seperti rojabiah dan maulidiah pesantren attin mengundang kyai dari luar yang dulu biasanya mengundang(ngaturi) mbah mad watu congol.saya yang pernah nyantri di sana merasa berhutang budi dan mengucapkan terimakasih trutama kapada pengasuh dan keluarga ndalem. bila ada pertanyaan silah kan coment anda saya tunggu.
4looking.blogspot.com

No comments: