Wednesday, September 21, 2016

Profil Desa Benowo
Gambaran Umum
Kabupaten Purworejo adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa tengah yang memiliki keragaman kultur dan budaya yang menjadi daya tarik pariwisata di Purworejo. Dari kabupaten purworejo ini lahir tokoh tokoh besar seperti WR. Soepratman, Jenderal Ahmad Yani, Jenderal Sarwo Edy Wibowo dan tokoh tokoh besar lainnya. Kabupaten Purworejo memiliki potensi wisata alam yang luarbiasa, namun belum terkelola dengan baik, salah satu nya wisata alam yang terdapat di Desa Benowo,  dengan rincian Desa Benowo adalah sebagai berikut: 
Topografi                                                        : Dataran Pebukitan
Luas Wilayah                                                  : 329,7 Ha
Jumlah Penduduk                                           : 1.141 Jiwa
Jumlah Kepala Keluarga                                 : 287 KK
Jumlah Kepala Keluarga Miskin                     : 186 KK

Desa Benowo merupakan satu  dari 28 desa di Kecamatan Bener yang mempunyai jarak 32 km dari kota kabupaten dan 13 km dari kota Kecamatan yang berada di deretan Pegunungan Menoreh dengan ketinggian 700 – 1.000 mdpl sehingga memiliki potensi wisata alam yang mempesona dan sejuk, diantara pegunungan yang ada salah satunya adalah Gunung Kunir, yang sekarang ini menjadi icon destinasi wisata di Desa Benowo yang menyuguhkan keindahan Golden Sunrisenya. Deretan pegunungan selanjutnya adalah gunung trajumas, gunung ayam-ayam, gunung gogor dan gunung prangkokan. terletak berbatasan langsung dengan :
Sebelah Utara
Desa Kalirejo, Kec. Salaman, Kab, Magelang
Sebelah Timur
Desa Pagerharjo, Kec.Samigaluh, Kab.Kulonprogo
Sebelah Selatan
Desa Ngargosari, Kec.Loano, Kab.Purworejo
Sebelah Barat
Desa Cacaban Kidul ,Kec.Bener, Kab.Purworejo





Sejarah Desa Benowo
Dalam sejarahnya Nama Desa Benowo berasal dari salah satu nama anak dari raja kerajaan Pajang yang bernama sultan Hadiwijaya atau lebih dikeal Jaka Tingkir. Putra dari Jaka Tingkir adalah Pangeran Benowo, dimana pada masa penjajahan Belanda kira-kira tahun 1600M beliau bersama para pengikutnya menepi atau tirakat disuatu tempat dalam perjalanan dari kerajaan Pajang menuju Kerajaan Mataram yaitu di Pegunungan Menoreh, tepatnya di sebuah bukit yang di namakan Batur, yang saat ini tempat tersebut di kenal masyarakat umum dengan nama Petilasan Pangeran Benowo di Desa Benowo.di dekat bukit tersebut terdapat juga sendang atau belik yang di pergunakan para pengikut Pangeran Benowo untuk minum dan membersihkan diri, nama sendang atau belik tersebut dikenal masyarakat sekitar dengan Sendang Bengawan (sedang bengawan).
Di Desa Benowo juga sampai saat ini masih tersimpan barang-barang yang di pergunakan rombongan Pangeran Benowo antara lain songsong agung, Piring Keramik, guci keramik, Ulekan batu, dan lain-lain.
Komoditas
     Komoditas utama Desa Benowo ini sebagaian besar bergantung pada sektor pertanian atau perkebunan yang utama seperti berkebun cengkih, kopi, gula aren, dan masih banyak komoditi penunjang yang lainnya.
Cengkih merupakan hasil andalan masyarakat Benowo yang cukup menjanjikan, yang dapat dipanen satu tahun sekali. Karena letak geografis didesa Benowo sangat cocok untuk perkebunan cengkeh sehingga memiliki kualitas cengkeh yang unggul. Selain cengkih kopi juga merupakan hasil andalan yang sudah tersertifikasi dan memiliki kualitas kopi yang sangat baik.
Aktivitas lain yang dilakukan oleh masyarakat Desa Benowo yaitu nderes/ndewan. Nderes/ndewan adalah mengambil nira dari pohon aren yang kemudian diolah menjadi Gula aren kegiatan nderes/ndewan ini biasanya selalu dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Tentunya hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing yang ingin mengetahui dan mencoba langsung proses pembuatan gula aren. Selain perkebunan ibu-ibu Didesa Benowo biasanya membuat anyaman unuk sovenir dan wadah gula aren hal ini bisa menambah penghasilan bagi masyarakat benowo.
Daya Tarik Wisata
Daya tarik lain yang dimiliki Desa Benowo yaitu adanya jalan untuk offroad dan trabbas trail yang menghubungkan Desa Benowo dengan Yogyakarta. Dengan adanya wisata ini kita dapat berkeliling peggunungan menoreh dan melihat keindahan alam yang mempesona.
Berbicara masalah kesenian & kebudayaan, Desa Benowo memiliki kesenian kuda lumping yang tak kalah apik dengan kesenian lainnya. Kesenian kuda lumping ini sudah terkenal dikawasan Purworejo ini dengan sebutan WTM (Wahyu Turonggo Mudo).kesenian lain yang ada yaitu rebana yang dimainkan oleh muda-mudi di Desa Benowo.

Selain wisata religi dan wisata advanture masih ada wisata yang populer didaerah Benowo ini yaitu wisata alam  salah satunya adalah curug dan gunung kunir. Akses jalan yang mudah menuju gunnung kunir memudahkan para wisatawan untuk menuju puncak gunung. Gunung kunir memiliki keindahan pemandangan yang sangat memukau dan eksotis. Dari puncak gunung ini kita dapat melihat hamparan kota Purworejo, Wonosobo, Magelang dan Jogjakarta. Selain itu kita bisa melihat keindahan gunung  diantaranya gunung sumbing, sindoro, merapi merbabu dan bukit tidar yang berada di daerah magelang. Keindahan lain yang dimiliki adalah keasrian alam yang terjaga. Momen yang sangat indah di puncak ini adalah ketika dipagi hari yaitu golden sunrise yang sangat indah, terbitnya golden sunrise ini dari pertengahan antara gunung merapi dan merbabu. Dan pada sore hari kita ini dapat melihat sunset yang takkalah apiknya di gunung Kunir ataupun Bukit Muntil. Jadi jangan ngaku anak Traveller kalo belum ke Benowo.

Berikut adalah Foto-foto yang saya ambil dari berbagai sumber, dari media sosial yaitu dariwisatawan itu sendiri : 
more info : 085702466224  Soim) atau bisa Follow IG: Gunungkunir
FB Fanspage : Desa Wisata Benowo atau IG nya yang punya Blog ni IG : @Kak_soim


Profil Desa Benowo
Gambaran Umum
Kabupaten Purworejo adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa tengah yang memiliki keragaman kultur dan budaya yang menjadi daya tarik pariwisata di Purworejo. Dari kabupaten purworejo ini lahir tokoh tokoh besar seperti WR. Soepratman, Jenderal Ahmad Yani, Jenderal Sarwo Edy Wibowo dan tokoh tokoh besar lainnya. Kabupaten Purworejo memiliki potensi wisata alam yang luarbiasa, namun belum terkelola dengan baik, salah satu nya wisata alam yang terdapat di Desa Benowo,  dengan rincian Desa Benowo adalah sebagai berikut: 
Topografi                                                        : Dataran Pebukitan
Luas Wilayah                                                  : 329,7 Ha
Jumlah Penduduk                                           : 1.141 Jiwa
Jumlah Kepala Keluarga                                 : 287 KK
Jumlah Kepala Keluarga Miskin                     : 186 KK

Desa Benowo merupakan satu  dari 28 desa di Kecamatan Bener yang mempunyai jarak 32 km dari kota kabupaten dan 13 km dari kota Kecamatan yang berada di deretan Pegunungan Menoreh dengan ketinggian 700 – 1.000 mdpl sehingga memiliki potensi wisata alam yang mempesona dan sejuk, diantara pegunungan yang ada salah satunya adalah Gunung Kunir, yang sekarang ini menjadi icon destinasi wisata di Desa Benowo yang menyuguhkan keindahan Golden Sunrisenya. Deretan pegunungan selanjutnya adalah gunung trajumas, gunung ayam-ayam, gunung gogor dan gunung prangkokan. terletak berbatasan langsung dengan :
Sebelah Utara
: Desa Kalirejo, Kec. Salaman, Kab, Magelang
Sebelah Timur
: Desa Pagerharjo, Kec.Samigaluh, Kab.Kulonprogo
Sebelah Selatan
: Desa Ngargosari, Kec.Loano, Kab.Purworejo
Sebelah Barat
: Desa Cacaban Kidul ,Kec.Bener, Kab.Purworejo





Sejarah Desa Benowo
Dalam sejarahnya Nama Desa Benowo berasal dari salah satu nama anak dari raja kerajaan Pajang yang bernama sultan Hadiwijaya atau lebih dikeal Jaka Tingkir. Putra dari Jaka Tingkir adalah Pangeran Benowo, dimana pada masa penjajahan Belanda kira-kira tahun 1600M beliau bersama para pengikutnya menepi atau tirakat disuatu tempat dalam perjalanan dari kerajaan Pajang menuju Kerajaan Mataram yaitu di Pegunungan Menoreh, tepatnya di sebuah bukit yang di namakan Batur, yang saat ini tempat tersebut di kenal masyarakat umum dengan nama Petilasan Pangeran Benowo di Desa Benowo.di dekat bukit tersebut terdapat juga sendang atau belik yang di pergunakan para pengikut Pangeran Benowo untuk minum dan membersihkan diri, nama sendang atau belik tersebut dikenal masyarakat sekitar dengan Sendang Bengawan (sedang bengawan).
Di Desa Benowo juga sampai saat ini masih tersimpan barang-barang yang di pergunakan rombongan Pangeran Benowo antara lain songsong agung, Piring Keramik, guci keramik, Ulekan batu, dan lain-lain.
Komoditas
     Komoditas utama Desa Benowo ini sebagaian besar bergantung pada sektor pertanian atau perkebunan yang utama seperti berkebun cengkih, kopi, gula aren, dan masih banyak komoditi penunjang yang lainnya.
Cengkih merupakan hasil andalan masyarakat Benowo yang cukup menjanjikan, yang dapat dipanen satu tahun sekali. Karena letak geografis didesa Benowo sangat cocok untuk perkebunan cengkeh sehingga memiliki kualitas cengkeh yang unggul. Selain cengkih kopi juga merupakan hasil andalan yang sudah tersertifikasi dan memiliki kualitas kopi yang sangat baik.
Aktivitas lain yang dilakukan oleh masyarakat Desa Benowo yaitu nderes/ndewan. Nderes/ndewan adalah mengambil nira dari pohon aren yang kemudian diolah menjadi Gula aren kegiatan nderes/ndewan ini biasanya selalu dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Tentunya hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing yang ingin mengetahui dan mencoba langsung proses pembuatan gula aren. Selain perkebunan ibu-ibu Didesa Benowo biasanya membuat anyaman unuk sovenir dan wadah gula aren hal ini bisa menambah penghasilan bagi masyarakat benowo.
Daya Tarik Wisata
Daya tarik lain yang dimiliki Desa Benowo yaitu adanya jalan untuk offroad dan trabbas trail yang menghubungkan Desa Benowo dengan Yogyakarta. Dengan adanya wisata ini kita dapat berkeliling peggunungan menoreh dan melihat keindahan alam yang mempesona.
Berbicara masalah kesenian & kebudayaan, Desa Benowo memiliki kesenian kuda lumping yang tak kalah apik dengan kesenian lainnya. Kesenian kuda lumping ini sudah terkenal dikawasan Purworejo ini dengan sebutan WTM (Wahyu Turonggo Mudo).kesenian lain yang ada yaitu rebana yang dimainkan oleh muda-mudi di Desa Benowo.

Selain wisata religi dan wisata advanture masih ada wisata yang populer didaerah Benowo ini yaitu wisata alam  salah satunya adalah curug dan gunung kunir. Akses jalan yang mudah menuju gunnung kunir memudahkan para wisatawan untuk menuju puncak gunung. Gunung kunir memiliki keindahan pemandangan yang sangat memukau dan eksotis. Dari puncak gunung ini kita dapat melihat hamparan kota Purworejo, Wonosobo, Magelang dan Jogjakarta. Selain itu kita bisa melihat keindahan gunung  diantaranya gunung sumbing, sindoro, merapi merbabu dan bukit tidar yang berada di daerah magelang. Keindahan lain yang dimiliki adalah keasrian alam yang terjaga. Momen yang sangat indah di puncak ini adalah ketika dipagi hari yaitu golden sunrise yang sangat indah, terbitnya golden sunrise ini dari pertengahan antara gunung merapi dan merbabu. Dan pada sore hari kita ini dapat melihat sunset yang takkalah apiknya di gunung Kunir ataupun Bukit Muntil. Jadi jangan ngaku anak Traveller kalo belum ke Benowo.

Berikut adalah Foto-foto yang saya ambil dari berbagai sumber, dari media sosial yaitu dariwisatawan itu sendiri : 
more info : 085702466224  Soim) atau bisa Follow IG: Gunungkunir
FB Fanspage : Desa Wisata Benowo atau IG nya yang punya Blog ni IG : @Kak_soim



Tuesday, August 23, 2016

Jantungku berdegub kencang firasatku semakin jelas, untuk mendekati ajalku. Iyya tidak bisa tidak, genderang perang sudah ditabuh. Beberapa penari lenggak lenggok bak pemandu sorak yang menyemagati kepergian kami menuju kemedan perang. Itulah tarian perpisahan. Aku menatap sayu dari belakang kulihat kaki- kaki penari itu.
Art & Culture
Dolalak dance is an acculturation dance of javanese and western (European).

Saturday, August 6, 2016

Suara gemuruh menggema  sampai ke sudut-sudut ruangan, lambaian dan tepuk tangan penonton menambah riuhnya malam, peluhku menetes memudarkan lapisan tipis diwajahku seperti taburan debu didedauanan yang tertetesi oleh embun-embun pagi, apakah ini mimpi lagi? Yang biasa aku menuliskannya di secarik kertas setelah aku terjaga, ini kenyataan kawan, dan aku merasa tenang saat beberapa kali tarikan napas panjang.

Thursday, March 31, 2016

Aku ingin kembali
oleh: kak_soim

Rasanya aku ingin pulang
Pulang kembali kepangkuanmu

Mengadukan semu rasa ini bu
Aku sadar, waktu takkan pernah kembali
Tak mungkin lagi aku kembali
Ya tuhan.... aku tak kuat lagi..
Wahi tuhan yang membolak balikkan hati
Sabitqolbi ‘ala dinik.. sabit’qolbi aladinik
Samapaikan salam kepada kekasih engkau
Kenapaa aku harus mengenal mu?
Mafkan aku yang mengusik ketenangan hidupmu
Aku harus pergi, masi banyak yang haru ku tanggung
Maaf telah mengukir luka
Apa ini yang terbaik?
Adakah jalan lain selain meninggalkan mu?
Ah, jiwaku bergejolak lagi


Aku Ingin Mencintai Dengan Sebenar – Benar Cinta

Ya Allah, betapa aku malu atas apa yang telah engkau berikan sebagai manusia, segala khilaf tertuju padaku, sungguh tidak ada apa-apa pada diriku yang kecil ini.
Terlena, sungguh aku sering terlena pada pesona nafsu dunia dan diri. Aku ingin kembali, tertunduk pilu dalam sujud syukur kembali pada cahayaMu..
Ya Rabbi, menghamba padaMu adalah tujuan akhir penantianku, setiap degupan yang berdetak kerana Izin KuasaMu. Setiap langkah yang tak putus beriring dengan Asmamu Ya Rabbi.
Segala keluh kesah hanya tercurah padaMu, tidak akan berkat langkahku tanpa redha Mu Ya Rahman. Cahaya Mu, cahaya dalam sepi hidup menjadi senyum ikhlas yang tak putus pada Rahmat Mu,  melahirkan kembali kepada fitrah yang suci dengan  Selawat yang menggema pada jagat raya Mu.
Dalam sepi, aku sering hilang, tidak mengingati Mu, namun Engkau tetap menjagaku dalam nikmatnya nafas yang ku hembus dalam raga, tak putus-putus Engkau mengingatkanku dan Halusnya Peringatan Mu. Tidak  Engkau terus memberikanku hukuman, walaupun betapa kuasanya diriMu Ya Robbi.
Sujud yang mengalun merdu dalam sepertiga malam membuat terhanyut dalam ribuan titisan air mata taubat.. Sebiji zarrah pun dihitung baik kebaikan dan keburukan.. Berkatilah kami ya Rabbi..
“aku ingin mencintaiMu setulusnya sebenar-benar aku cintadalam doa, dalam ucapan, dalam setiap langkahku, aku ingin mendekatiMu selamanya sehina bagaimanapun diriku, kuberharap untuk bertemu denganMu ya Rabbi.. .. “


Tuesday, March 22, 2016

Bayu si pemalu

(oleh: kak_soim)

Namaku bayu aku terlahir dari keluarga yang sederhana, rumahku dipelosok desa, jauh dari keramaian kota. Makan pun alakadarnya, tapi aku merasa bahagia masih bisa hidup dan bersanding dengan alam yang terbentang luas. Aku adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Inilah ibuku ibu Ambarwati namanya, ibuku adalah orang yang penyabar dan menjadi penenang dalam keluarga. Aku orangnya pendiam dan jarang bicara selain itu juga malu-malu, pernah sauatu saat aku pipis dalam celana karena malu meminta izin ke belakang ketika waktu di sekolah TK, banyak orang mengenal ku dengan sebutan bayu si pemalu.
Semenjak kecil aku sudah dididik hidup yang disiplin dan kerja keras,bagaimana tidak?

Saturday, March 12, 2016



Saya mersa bangga pada mas malik ini kenapa coba? yang jelas dia pertama santri dan yang kedau adalah saya pernah satu kamar,pernah tidur bareng gitu (haha dia tidur saya juga tidur) ngak ngapa-ngapain. hal lain yang saya salutkan adalah nampaknya mas malik ini kalo dipondok nampak ya biasa-biasa aja yang ada hanya berdoa dan berdzikir dan jarang baca buku yang ilmiah-ilmiah gitu palingan juga buku novel kaya davinci ya gitu-gitu deh.. dan pada sautu saat pernah saya lihat robotnya itu dibawa ke kamar wow its so amazing guys.. oh ya mas malik ini mondok di Pesantren AL-BAROKAH

berikut ini perjuangan beliau
Biasa Aja
Itulah kata yang paling bosenin yang pernah aku denger, padahal aku sendiri yang sering ngucapin. Misal gini ya ada sebut aja temen cewe yang nanya ke aku , gimana si perasaan kamu ke aku? Biasa Aja Jawabku (&%$#). Karena aku tak mampu mendefinisikan perasaan aku ke kamu, wow kan? Ngak ah biasa aja.  Tapi dengan Biasa aja ini, mejadi awal Debut aku dalam menulis. Taukan debut? ya betul D E B U T (emang si ngak asing kaya nama bulu  gitu) rambut maksudnya pak . Biasa aja memiliki arti yang lugas dan luas termasuk tulisan ini, ya biasa aja.
Tapi sebenernya untuk Biasa Aja menurut aku ngak mudah, seperti hal dalam menyikapi hidup ini, ya jangan berlebihan, biasa aja. Dalam istilah jawa yang populer itu adalah ‘Ojo Gumunan’ maksudnya apa? Detailnya si aku ngak tau cuman intinya biasa aja. Aku ngutip kata-kata orang bijak gini

Saat mata mulai terpejam. 

Saat itu pula kejadian demi kejadian dalam hidup diputar kembali, meraskaan hari ini yg telah dilewati dengan mudahnya. 

Dari kisah sosok-sosok yg hadir dalam hidup, hingga bagaimana cara-cara orng memperlakukan kita, begitupun sebaliknya.