Sabtu, 06 Desember 2014

Profil Kampoeng cyber, kampung unik penuh inspirasi di Yogjakarta (melaku-melaku mahasiswa)



    Melaku-melaku mahasiswa (Melwa),adalah sebuah acara yang mengajak anda untuk menjelajahi serta menelusuri daerah-daerah yang unik dan fenomenal. kali ini sahabat melwa akan mengajak kita mengunjungi kampung cyber. Seperti apa perjalanannya di kampug cyber?? Yuk liat videonya
kalo gak  bisa klik link youtubnya DISISNI!

Baca juga artikelnya ya gaes di bawah ini ni..



 Kampoeng ceyber, adalah nama sebuah kampung yang terletak di RT 36 Taman Yogyakarta. Kampoeng ini letaknya bersebelahan dengan wisata tamasari yogyakarta tepatnya berada dikomplek tamansari.
Kampoeng ini cukup besar sebenarnya yaitu  mempuyai sekitar 40 kepala keluarga. Saat kami wawancara dengan bapak heri sutanto selaku ketua RT 36 kampoeng cyber. Di kampug ini sudah mengadopsi teknologi yang sudah diterapkan di masyarakat langsung yaitu tepatnya pengguaan internet, sehingga warga dapat secara langsug menikmati fasilitas internet yang setiap rumah penduduk sudah terhubung dengan jaringan internet.
Dalam hal biaya kapoeng ini menggunakkan uang secara patungan untuk biaya langganan internetnya kata mas koko yang merupakan tokoh penggagas kompoeng cyber ini. Di kampung ini juga sering diadakannya pelatihan ungkap pak heri untuk menunjang pengetahuan tentang internet itu sendiri. Bagi kalian yang sudah muter-muter tapi belom nemu ni kampoeng ni ada petanya. 

Saat kami wawancara dengan salah satu warga kampoeng cyber meraka merasakan manfaat yang diperoleh dari pemasangan internet tersebut, selain sebagai media komunikasi antarwarga juga digunakan sebagai media bisnis yaitu pemasasaan online diantaranya lewat media social dan web. salah satu contoh kerjinan dikampung ini adalah batik,lukisan dan juga kerjinan lain. seperti bebrapa motif gambar dibawah ini gaes,

di kapoeng ini terdapat banyak kerjinan, dan hampir di setiap rumah mempunyai usaha kecil, dan yang menrik disini adalah kapoeng ini jika dilihat kontruksi bangnannya tetep mempertahankan bangunan model dulu dan tidak ada perombakan yang signifikan seperti model rumah minimalis atau bergaya eropa,, wah,,wah,, 
 kata mas koko juga umumya warga kampoeg cyber adalah berwirawasta sehingga dengan adanya internet dapat endongkrak perkembangan ekonomi masyarakat kampoeng cyber khususnya.

ada kerjinan sablon juga ni gaes, gantungan kuci, gelas,cangkir kreatif-kreatif ya warga kampoeng cyber ni ya, perlu di tiru ni..
wihhhh ada lukisan juga ni mas brohhh...
keren kan,,
ni gaes buat yang kalian rajin ibadah, rajin sholat ane saranin buat beli oleh-oleh aneka sajadah, keren kan motifnya.











et jangan salah kampung ini juga dikunjungi turis interlokal juga lho, contohnya si pendiri facebook aja datang ke kampoeng cyber,, prok..prok noh fotonya sama mas koko cakep kan?

wehh baarenyak bule juga tuh,,boleh dong selfie bareng hehe..






Walaupun telah mengguakan media internet utuk berkomuikasi akan tetapi tidak menjadi halangan untuk bersosial antar warga terlihat seperti gambar di atas gaes tutep rame ngupul-ngumpul kok :) 
 dan terkhir ni gaes ucapan terimakasi buat mas koko dan juga pak heri selau ketua RT 36 kampoeng cyber yang telah memberikan kesempatan kepada tim TNT untuk bersilaturahim, ya semoga kedepan bisa terjalin hubungan yang baik .. cie..
 tunggu episode selanjutnya ya gaes yang lebih menarik tentunya..

Sumber :
http://nationalgeographic.co.id
http://rt36kampoengcyber.com
 http://teknologi.kompasiana.com
 http://tekno.kompas.com

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mantabbbbbb :D