A.
Pengantar
Magang
kewirausahaan merupakan suatu moment yang sangat berharga untuk memperoleh
pengetahuan menjadi seorang pengusaha. Kita akan dilatih dan dididik baik
secara mental maupun fisik untuk siap menempuh dunia usaha. Magang
kewirausahaan yang dilakukan di Lombok Idjo memberikan kesan yang mendalam.
Mulai dari Ilmu-ilmu yang didapat sampai silaturahmi yang terjalin antara
peserta magang dengan pihak Lombok Idjo.
Berbagai manfaat magang yang
kami rasakan antara lain :
Pertama yaitu Pengalaman .
Dengan magang kewirausahaan ini kami mendapatkan pengalaman yang sangat
berharga walaupun dalam waktu yang sangat singkat. Pengalaman tersebut bisa kami
manfaatkan hendaknya dikemudian hari. Kedua
yaitu Jaringan dan koneksi. Jaringan dan koneksi bisa membantu pada saat
mencari pekerjaan. Ketiga yaitu
Mengembangkan kemampuan . Dapat terus mengasah kemampuan serta keahlian
pada saat magang. Kita dapat terus belajar untuk menjadi lebih baik pada tempat
kita melakukan magang. Kemampuan kita nanti akan menjadi berharga bagi tempat kita
berkerja di masa depan. Keempat yaitu
Memilih karier . Setelah menggenggam pengalaman, maka dengan sendirinya kita
akan mengetahui di mana rencana dan bakat kita sesungguhnya. Kita pun tidak
salah langkah dalam memilih karier.
Proses magang di Lombok Idjo
dilakukan dengan terlibat langsung dalam semua aktivitas warung dan wawancara. Diantara
aktivitas yang terlibat langsung antara lain Kasir, Waiters, Server, Bartender,
Dapur dan Office. Sedangkan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengelolaan
dan managerial warung Lombok Idjo, kami melalukan wawancara dengan pihak
petinggi warung seperti Manager, Supervisor dan kepala divisi.
Adapun isi dari laporan
magang ini mencakup antara lain :
Metode Kerja (Nama
dan Lokasi Magang , Waktu, Cara Kerja ), Gambaran Umum Unit Usaha,
Kegiatan Kerja di Tempat Usaha, dan Penutup. Semoga laporan
magang ini dapat bermanafaat buat kita semua.
B.
Metode
Kerja
1.
Nama dan Lokasi Magang
Magang kewirausahaan dilakukan di Warung Lombok
Idjo yang beralamat di Jl. Laksda
Adisucipto No 22, Yogyakarta. Telp : (0274)519603, 519604
.
2.
Waktu
Pembekalan
magang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 1 Oktober 2014. Observasi ketempat
pemagangan dilakukan pada hari Jumat tanggal 3 Oktober 2014. Pelaksanaan
pemagangan dilakukan pada tanggal 6-10 Oktober 2014.
3.
Cara
Kerja
Proses
magang di Lombok Idjo dilakukan dengan dua cara yaitu terlibat langsung dalam
semua aktivitas warung dan wawancara.
a.
Partisipasi
Diantara
aktivitas yang terlibat langsung antara lain Kasir, Waiters, Server, Bartender,
Dapur dan Office.
b.
Wawancara
Untuk
mengetahui lebih lanjut mengenai pengelolaan dan managerial warung Lombok Idjo,
kami melalukan wawancara dengan pihak pengelola warung seperti Manager,
Supervisor, kepala divisi dan perwakilan karyawan Lombok Idjo.
·
Wawancara dengan
Manager Lombok Idjo Yogyakarta Dilakukan pada Tanggal 6 dan 10 Oktober 2014.
·
Wawancara dengan
Supervisor dan kepala divisi dilakukan pada tanggal 6 - 10 Oktober 2014.
·
Wawancara dengan
karyawan Lombok Idjo dilakukan setiap hari magang disela sela aktivitas kerja.
C. Gambaran Unit Usaha
Warung makan Lombok Idjo Jogja didirikan pada tanggal 07
Juli 2008 oleh Bapak Rudi Setyawan, Ade Yuniarti dan Tan Wahyudi Pramono.
Lombok Idjo Jogja adalah cabang pertama yang berdiri setelah Lombok Idjo Pusat
di Semarang yang berdiri pada tahun 2006. Motto dari warung makan ini adalah “tempat
makan semua kalangan”. Perkembangan Lombok idjo memiliki 7 anak cabang
yaitu antara lain :
1.
Poesat : djalan gadjah mada 158, semarang telp: (024)
3566222, 3566821
2.
Semarang : djalan setiabudi 63 A Semarang telp: (024) 76481222,
76482222, 76483222
3.
Ungaran : djalan gatot soebrata 145, ungaran telp: (024)
76910303
4.
Solo : djalan gadjah mada 123, solo telp: (0271) 7652111
5.
Tegal : djalan karanganjar 21A, tegal telp: (0238)
342330, 342331
6.
Kediri : djalan pati onoes no.16 kediri telp: (0354)
7608800
7.
Kudus : djalan agil koesoemadja 48, kudus telp: (0291)
438009
8.
Madiun : djalan kalimantan 36, madiun telp: (0351) 463333
Perkembangan warung makan lombok idjo bisa dikatakan
cukup pesat perkembangannya. Cabang yang di Yogyakarta setelah 2 tahun berdiri,
sudah laris manis dan banyak konsumen yang berdatangan untuk makan di warung
ini, karena memiliki citarasa yang enak dan sambalnya yang khas menjadi daya
tarik tersendiri untuk makan di lombok idjo. Dalam perkembangan usahanya ada
kalanya lombok idjo mengalami pasang surut dibulan-bulan tertentu, misalnya :
pada bulan februari-maret agak sepi pembeli, kemudian bulan juni-juli selalu
ramai karena faktor liburan, lalu pada bulan-bulan puasa dan bulan september
usaha juga mengalami penurunan kembali, akan tetapi selama libur lebaran warung
makan akan kembali ramai karena banyak orang yang mudik dan faktor liburan juga
menjadi penentu ramainya warung. Selanjutnya pada bulan oktober-januari
mengalami kenaikan lagi.
Startegi marketing yang dilakukan oleh lombok idjo adalah
milling ke SMP, SMA, atau SMK. Jadi, mereka memasarkan produknya secara
langsung kepada konsumen. Kekurangan lombok idjo dalam hal marketing ialah
belum memiliki web (facebook, twitter) ataupun alamat web sendiri. Apabila memiliki
web sendiri sebenarnya memudahkan marketing dalam pemasarannya, tak bisa
dipungkiri bahwa zaman sekarang sudah banyak orang yang memiliki gadget atau
smart phone, konsumen bisa lihat menu yang dijajakan hanya dengan melihat ke
web lombok idjo. Hal ini bisa menjadi referensi sebelum kita makan di lombok
idjo, sehingga kalau kita sudah sampai ke warungnya konsumen sudah tahu akan
memesan menu apa.
Lombok idjo ini tidak memiliki prinsip pendapatan yang
diperoleh disisihkan untuk anak yatim atau disumbangkan ke suatu lembaga
tertentu. Akan tetapi apabila ada yang meminta ke warung lombok idjo akan
segera dibantu. Kegiatan yang sering dilakukan lombok idjo ialah pada saat
bulan puasa membagikan nasi box untuk buka puasa.
Visi dan misi :
Lombok idjo memiliki visi misi menjadi salah satu rumah
makan tujuan masyarakat jogja khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya. Nama
lombok idjo sendiri dibuat sesuai dengan menu di warung/kedai tersebut yaitu Sambal
Ijo yang mempunyai rasa khas lombok idjo.
Struktur Organisasi :
Pembagian :
·
Waiters : 12 karyawan
·
Server : 7 karyawan
·
Dishwasher : 5 karyawan
·
Order Taker : 6 karyawan
·
Kasir : 4 karyawan
·
Kapten : 3 karyawan
·
Security : 4 karyawan
·
Supervisor : 2 karyawan
·
Dapur : 14 karyawan
·
Storage (gudang) : 1 karyawan
·
Manager : 1 karyawan
·
Admin I & II : 2 karyawan
·
Bartender : 6 karyawan
Tugas dari finance sendiri antara lain : pengadaan
barang, belanja, dan bayar tagihan. Sedangkan bagian gudang tugasnya adalah
order dan stop barang.
Alur Laporan Keuangan Lombok Idjo :
Produk-produk (menu) yang terdapat di Lombok Idjo antara
lain :
Gambar menu Tahu Goreng, Tempe Goreng, Gereh Layur, Sayur
Asem dan Ca touge
Gambar minuman Es Teh, Teh Anget, Jus Alpokat, Jus
Strawberry, Es Klamud Sirup.
D. Kegiatan Kerja di Tempat Usaha
Selama kegiatan magang wirausaha di Lombok Idjo kami
ikut langsung terjun kelapangan dan merasakan menjadi seorang karyawan. Dalam
magang wirusaha ini yang dibatasi waktu hanya lima hari kami gunakan waktu
seefektif mugkin,di Lombok Idjo kami didampingi oleh bapak Wahyu dan bapak Alif
selaku supervisor dan asisten manager di Lombok Idjo. Di Lombok Idjo kami tidak
hanya belajar mngenai operasionalnya saja melaikan juga manajerialnya dengan
pembagian waktu empat hari belajar mengenai operasional kemudian satu hari
belajar dibagian management.
Pada
bagian operasioanal Lombok Idjo dibagai menjadi dua bagian yaitu Operasional
depan operasional belakang. Kami belajar sekaligus praktek langsung yaitu
dioperasional depan yaitu menjadi waiter , server, kasir, bartender dan yang di
bagian operasional belakang menjadi koki dibagian dapur serta gudang. Untuk
bagian managerial kita memebantu dibagian backoffice belajar tentang
pengolahan data. Selain mengamati dilapangan juga kami melakukan wawancara
dengan karyawan, supervisor maupun dengan manager Lombok Idjo.
Secara
garis besar pengolahan makanan pada Lombok Idjo yaitu dibagi menjadi 3 bagian
yaitu pra produksi, saat produksi dan kemudian pasca produksi.
a.
Pra produksi
Pada bagian ini adalah penyedian barang mentah yaitu
mulai didatangkan dari supplier hingga barang siap masak. Lombok idjo yang
berada di yogya ini mendapat supplier barang mentah dari semarang (Lombok idjo
pusat) dan ada sebagian barang yang disuplai dari sekitar daerah jogja seperti
sayur dan buah. Pada bagian pra produksi ini tidak bisa dipisahkan dengan
namanya gudang penyimpanan barang, ada beberapa jenis barang yang langsung diolah
seperti sayur-sayuran karena tidak tahan lama sehingga jika sisa maka akan di
simpan dalam pendingin freezer .
(Gambar pengolahan sayuran praproduksi.)
Gudang dalam Lombok
idjo sendiri terdapat dua macam yaitu yang pertama untuk barang yang masa
kadaluarsanya cepat seperti daging dan sayur dan gudang yang kedua adalah untuk
menyimpan barang yang bisa tahan lama seperti peralatan-peralatan dapur,sabun,
minyak, beras dan gula.
(Gambar
gudang dengan satu orang petugas)
Pada bagian pra produksi ini barang yang masuk dan keluar dicatat oleh
karyawan dibagian gudang guna untuk mengetahui berapa jumlah persediaan yang
dipunyai serta sebagai data peramalan
stok yang perlu dibutuhkan untuk hari berikutnya selanjutnya data tersebut
diolah dibagaian kantor. Di bagian ini juga dilakukan proses persiapan untuk
masak sesuai permintaan dari dapur seperti kegiatan penimbangan kangkung,
pengupasan kulit jagung serta persiapan lain sebelom barang itu dimasak. Dalam
semua kegiatan proses pra produksi ini semua sudah ada aturan atau standar yang
ditetapkan oleh Lombok idjo seperti porsi berat timbangan serta tebal
pemotongan. Sebelum barang masuk dapur semua sudah dalam keadaan siap masak
termasuk dalam dalam keadaan bersih.
Gambar gudang penyimpanan daging dan takaran timbangan
kangkung
b.
Saat produksi
Pada saat produksi makanan
dilakukan di dapur dan untuk minuman proses produksinya yaitu dibagaian
bartender. Dibagian bartender ini hal yang dilakukan adalah tahap persiapan
biasanya sebelum jam 10 pagi yaitu memeras jeruk sebanyak yang dibutuhkan
mengupas alpukat,jambu serta buah lain yang kiranya butuh dikupas dengan tujuan
untuk mempercepat proses dan mengurangi waktu menunggu.karena memang didalam
Lombok Idjo sangat memperhatikan mengenai layanan termasuk mengurangi waktu
menunggu konsumen.
Gamabar
bartender dan persiapan pembuatan jus alpukat
Lain halnya aktivitas yang dilakukan
didalam dapur,disini juaga perlu adanya persiapan guna memenuhi pesanan dari
konsumen sistemnya adalah waiter mencatat pesanan apa saja yang dikehendaki
konsumen kemudian kertas notanya diserahkan kebagian OT (order taker)
yaitu bagian orang yang memesan kepada karyawan dapur untuk membuatkan apa
yang telah dipesan tadi tentunya dibutuhkan waktu yang cepat.
Dalam dapursendiri terdapat banyak
proses produksi mulai dari penggorengan,peracikan bumbu,penumbukan
Lombok,pencucian ikan, pembuatan menu gudangan,pembuatan sup dll.
Gambar beberapa kegiatan di dapur
c.
Pasca produksi
Setelah melewati bebrapa tahap
proses akhirnya terwujudlah menu yang diinginkan oleh konsumen disini
menghasilkan 2 macam produk yaitu masakan dan minuman. Pada pasca produksi ini
di Lombok idjo juga melayani pesanan siap antar untuk daerah jogja dan
sekitarnya. Jadi dalam hal ini di Lombok idjo konsumen ddapat memilih makan
ditempat ataupun dibungkus.
Gambar
penyajian dan pengemasan oleh karyawan Lombok idjo
Dalam Lombok idjo juga
melayani delivery order dengan memiliki
satu buah mobil dan dua buah motor pengantar pesanan.
Gambar trsportasi yang digunakan oleh Lombok idjo untuk mengantar pesanan
E.
Penutup
Selama
kami magang di Lombok Idjo, kami memiliki pengalaman yang sangat luar biasa
dalam tata cara pengelolaan tempat usaha. Sebagaimana sempat di ungkapkan oleh
manager Lombok Idjo. Bahwasanya, rumah makan Lombok Idjo dulunya terlahir dari
warung makan kecil-kecilan dan berkat usaha yang gigih dan semangat pantang
menyerah dari pemilik Lombok Idjo akhirnya Lombok Idjo semakin lama semakin
berkembang dan menjadi rumah makan yang dikenal oleh masyarakat luas dan memiliki
Sembilan cabang dan di Yogjakarta ini adalah cabang pertama yang di bangun
setelah Lombok Idjo pusat yang ada di semarang. Sedangkan system kerja di
Lombok Idjo tersebut memiliki dua struktur, yaitu management dan operasional.
Di management sendiri ada dua yaitu induk management dan anak management. Anak
management strukturnya ada dua yaitu accounting dan finance sedangkan di bagian
operasional mencakup lima bagian kerja yaitu server, waiter, kasir, dapur, dan
bartender. Dan cara kerja kelompok kami dibuat secara bergantian dan di
tempatkan di tempat yang berbeda-beda tidak hanya satu tempat saja. Hal
tersebut di maksudkan, agar kami dapat mempelajari alur kerja dan system kerja
pada tiap-tiap bagian dalam operasional tersebut.
Di Lombok Idjo kami bekerja selama lima hari dan per
harinya selama delapan jam. Walaupun hanya lima hari namun kami mendapatkan
suatu hal yang sangat berharga untuk masa depan jika akan membuka bisnis
kuliner. Banyak pembelajaran yang kami dapatkan setelah mengikuti magang,
beberapa diantaranya yaitu bagaimana cara bangkit dari kegagalan, bisnis yang
tidak lancar, naik turunnya pendapatan dan lain sebagainya.
Mungkin sedikit koreksi tentang pengadaan magang yang
di adakan oleh Cendi Uin Suka yaitu peserta harus benar-benar di seleksi agar
dapat mengetahui mana peserta yang benar-benar serius ingin mengikuti magang
dan mana yang tidak selain itu juga persyaratan pengajuan harus di tambah
misalnya mencantumkan pendapatan atau gaji orang tua. Namun walaupun ada
koreksi untuk panitia magang akan tetapi kami mahasiswa sekaligus peserta
magang sangat mengapresiasi panitia magang karena telah mengadakan program
magang kewirausahaan ini dan hal tersebut di maksudkan agar mahasiswa tidak
terjebak oleh kegiatan yang menghabiskan waktu di masa depan dengan mencari dan
menunggu pekerjaan namun mahasiswa di bimbing dan diberi pelatihan ataupun
arahan untuk secara mandiri membuka lapangan pekerjaan sendiri bukan mencari
pekerjaan yang belum tentu kita mendapatkannya.
Kami
juga berterimakasih kepada panitia Cendi Uin Suka karena telah memilih kami
untuk menjadi bagian dari magang kewirauahaan pada tahun ini. Dan untuk masukan
untuk tempat kami magang yaitu di Lombok Idjo, seperti yang telah kami
bicarakan pada hari akhir magang bahwa system pelayanan tamu diharapkan untuk
di perbaiki misalnya kesigapan para server dan waiter dan kebersihan makanan
harus selalu di jaga mengingat sempat terjadi adanya lipstick di gelas sehingga
tamu protes kepada kasir dan kebersihan agar selalu di jaga. Dan untuk
kedepannya semoga Lombok Idjo semakin eksis di kalangan masyarakat luas dan
memberikan hidangan yang semakin menonjol cita rasanya. Dan visi Lombok Idjo
yang berbunyi tempat makan semua kalangan semoga benar-benar untuk semua
kalangan masyarakat. selain itu kami juga berterimakasih kepada manager Lombok
Idjo yang bersedia menerima kami untuk magang di Lombok Idjo, serta supervisor
dan para crew yang bersedia membimbing dan mengajari kami.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
monggo ingkang bade komen...