Kamis, 16 April 2015

Magang Wirausaha Kuliner di Waroeng Lombok Idjo

A.                Pengantar
Magang kewirausahaan merupakan suatu moment yang sangat berharga untuk memperoleh pengetahuan menjadi seorang pengusaha. Kita akan dilatih dan dididik baik secara mental maupun fisik untuk siap menempuh dunia usaha. Magang kewirausahaan yang dilakukan di Lombok Idjo memberikan kesan yang mendalam. Mulai dari Ilmu-ilmu yang didapat sampai silaturahmi yang terjalin antara peserta magang dengan pihak Lombok Idjo.

Berbagai manfaat magang yang kami rasakan antara lain :
Pertama yaitu Pengalaman . Dengan magang kewirausahaan ini kami mendapatkan pengalaman yang sangat berharga walaupun dalam waktu yang sangat singkat. Pengalaman tersebut bisa kami manfaatkan hendaknya dikemudian hari. Kedua yaitu Jaringan dan koneksi. Jaringan dan koneksi bisa membantu pada saat mencari pekerjaan. Ketiga yaitu Mengembangkan kemampuan . Dapat terus mengasah kemampuan serta keahlian pada saat magang. Kita dapat terus belajar untuk menjadi lebih baik pada tempat kita melakukan magang. Kemampuan kita nanti akan menjadi berharga bagi tempat kita berkerja di masa depan. Keempat yaitu Memilih karier . Setelah menggenggam pengalaman, maka dengan sendirinya kita akan mengetahui di mana rencana dan bakat kita sesungguhnya. Kita pun tidak salah langkah dalam memilih karier.

Proses magang di Lombok Idjo dilakukan dengan terlibat langsung dalam semua aktivitas warung dan wawancara. Diantara aktivitas yang terlibat langsung antara lain Kasir, Waiters, Server, Bartender, Dapur dan Office. Sedangkan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengelolaan dan managerial warung Lombok Idjo, kami melalukan wawancara dengan pihak petinggi warung seperti Manager, Supervisor dan kepala divisi.

Adapun isi dari laporan magang ini mencakup antara lain :
Metode Kerja (Nama dan Lokasi Magang , Waktu, Cara Kerja ), Gambaran Umum Unit Usaha, Kegiatan Kerja di Tempat Usaha, dan Penutup. Semoga laporan magang ini dapat bermanafaat buat kita semua.




B.                 Metode Kerja
1.      Nama dan Lokasi Magang
Magang kewirausahaan dilakukan di Warung Lombok Idjo yang beralamat di Jl. Laksda Adisucipto No 22, Yogyakarta. Telp : (0274)519603, 519604

Description: SAM_4098.JPG
2.      Waktu
Pembekalan magang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 1 Oktober 2014. Observasi ketempat pemagangan dilakukan pada hari Jumat tanggal 3 Oktober 2014. Pelaksanaan pemagangan dilakukan pada tanggal 6-10 Oktober 2014.
3.      Cara Kerja
Proses magang di Lombok Idjo dilakukan dengan dua cara yaitu terlibat langsung dalam semua aktivitas warung dan wawancara.
a.      Partisipasi
Diantara aktivitas yang terlibat langsung antara lain Kasir, Waiters, Server, Bartender, Dapur dan Office.
b.      Wawancara
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengelolaan dan managerial warung Lombok Idjo, kami melalukan wawancara dengan pihak pengelola warung seperti Manager, Supervisor, kepala divisi dan perwakilan karyawan Lombok Idjo.

·         Wawancara dengan Manager Lombok Idjo Yogyakarta Dilakukan pada Tanggal 6 dan 10 Oktober 2014.

Description: SAM_4126.JPG


·         Wawancara dengan Supervisor dan kepala divisi dilakukan pada tanggal 6 - 10 Oktober 2014.


Description: E:\soim_ads@yahoo.com\FOTO MAGANG\20141007_105617.jpg Description: E:\soim_ads@yahoo.com\FOTO MAGANG\20141007_105757.jpg
 












·         Wawancara dengan karyawan Lombok Idjo dilakukan setiap hari magang disela sela aktivitas kerja.

Description: SAM_4080.JPGDescription: SAM_4064.JPG

Description: SAM_3972.JPG













C. Gambaran Unit Usaha
Warung makan Lombok Idjo Jogja didirikan pada tanggal 07 Juli 2008 oleh Bapak Rudi Setyawan, Ade Yuniarti dan Tan Wahyudi Pramono. Lombok Idjo Jogja adalah cabang pertama yang berdiri setelah Lombok Idjo Pusat di Semarang yang berdiri pada tahun 2006. Motto dari warung makan ini adalah “tempat makan semua kalangan”. Perkembangan Lombok idjo memiliki 7 anak cabang yaitu antara lain :
1.      Poesat : djalan gadjah mada 158, semarang telp: (024) 3566222, 3566821
2.      Semarang : djalan setiabudi 63 A Semarang telp: (024) 76481222, 76482222, 76483222
3.      Ungaran : djalan gatot soebrata 145, ungaran telp: (024) 76910303
4.      Solo : djalan gadjah mada 123, solo telp: (0271) 7652111
5.      Tegal : djalan karanganjar 21A, tegal telp: (0238) 342330, 342331
6.      Kediri : djalan pati onoes no.16 kediri telp: (0354) 7608800
7.      Kudus : djalan agil koesoemadja 48, kudus telp: (0291) 438009
8.      Madiun : djalan kalimantan 36, madiun telp: (0351) 463333
Perkembangan warung makan lombok idjo bisa dikatakan cukup pesat perkembangannya. Cabang yang di Yogyakarta setelah 2 tahun berdiri, sudah laris manis dan banyak konsumen yang berdatangan untuk makan di warung ini, karena memiliki citarasa yang enak dan sambalnya yang khas menjadi daya tarik tersendiri untuk makan di lombok idjo. Dalam perkembangan usahanya ada kalanya lombok idjo mengalami pasang surut dibulan-bulan tertentu, misalnya : pada bulan februari-maret agak sepi pembeli, kemudian bulan juni-juli selalu ramai karena faktor liburan, lalu pada bulan-bulan puasa dan bulan september usaha juga mengalami penurunan kembali, akan tetapi selama libur lebaran warung makan akan kembali ramai karena banyak orang yang mudik dan faktor liburan juga menjadi penentu ramainya warung. Selanjutnya pada bulan oktober-januari mengalami kenaikan lagi.
Startegi marketing yang dilakukan oleh lombok idjo adalah milling ke SMP, SMA, atau SMK. Jadi, mereka memasarkan produknya secara langsung kepada konsumen. Kekurangan lombok idjo dalam hal marketing ialah belum memiliki web (facebook, twitter) ataupun alamat web sendiri. Apabila memiliki web sendiri sebenarnya memudahkan marketing dalam pemasarannya, tak bisa dipungkiri bahwa zaman sekarang sudah banyak orang yang memiliki gadget atau smart phone, konsumen bisa lihat menu yang dijajakan hanya dengan melihat ke web lombok idjo. Hal ini bisa menjadi referensi sebelum kita makan di lombok idjo, sehingga kalau kita sudah sampai ke warungnya konsumen sudah tahu akan memesan menu apa.
Lombok idjo ini tidak memiliki prinsip pendapatan yang diperoleh disisihkan untuk anak yatim atau disumbangkan ke suatu lembaga tertentu. Akan tetapi apabila ada yang meminta ke warung lombok idjo akan segera dibantu. Kegiatan yang sering dilakukan lombok idjo ialah pada saat bulan puasa membagikan nasi box untuk buka puasa.
Visi dan misi :
Lombok idjo memiliki visi misi menjadi salah satu rumah makan tujuan masyarakat jogja khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya. Nama lombok idjo sendiri dibuat sesuai dengan menu di warung/kedai tersebut yaitu Sambal Ijo yang mempunyai rasa khas lombok idjo.
Struktur Organisasi :




Pembagian :
·         Waiters : 12 karyawan
·         Server : 7 karyawan
·         Dishwasher : 5 karyawan
·         Order Taker : 6 karyawan
·         Kasir : 4 karyawan
·         Kapten : 3 karyawan
·         Security : 4 karyawan
·         Supervisor : 2 karyawan
·         Dapur : 14 karyawan
·         Storage (gudang) : 1 karyawan
·         Manager : 1 karyawan
·         Admin I & II : 2 karyawan
·         Bartender : 6 karyawan

Tugas dari finance sendiri antara lain : pengadaan barang, belanja, dan bayar tagihan. Sedangkan bagian gudang tugasnya adalah order dan stop barang.
Alur Laporan Keuangan Lombok Idjo :





Produk-produk (menu) yang terdapat di Lombok Idjo antara lain :
Description: 20140618_133346.jpg









Description: IMG_20141010_124517_1.jpgGambar menu Tahu Goreng, Tempe Goreng, Gereh Layur, Sayur Asem dan Ca touge










Gambar minuman Es Teh, Teh Anget, Jus Alpokat, Jus Strawberry, Es Klamud Sirup.



D. Kegiatan Kerja di Tempat Usaha
            Selama kegiatan magang wirausaha di Lombok Idjo kami ikut langsung terjun kelapangan dan merasakan menjadi seorang karyawan. Dalam magang wirusaha ini yang dibatasi waktu hanya lima hari kami gunakan waktu seefektif mugkin,di Lombok Idjo kami didampingi oleh bapak Wahyu dan bapak Alif selaku supervisor dan asisten manager di Lombok Idjo. Di Lombok Idjo kami tidak hanya belajar mngenai operasionalnya saja melaikan juga manajerialnya dengan pembagian waktu empat hari belajar mengenai operasional kemudian satu hari belajar dibagian management.
            Pada bagian operasioanal Lombok Idjo dibagai menjadi dua bagian yaitu Operasional depan operasional belakang. Kami belajar sekaligus praktek langsung yaitu dioperasional depan yaitu menjadi waiter , server, kasir, bartender dan yang di bagian operasional belakang menjadi koki dibagian dapur serta gudang. Untuk bagian managerial kita memebantu dibagian backoffice belajar tentang pengolahan data. Selain mengamati dilapangan juga kami melakukan wawancara dengan karyawan, supervisor maupun dengan manager Lombok Idjo.
Secara garis besar pengolahan makanan pada Lombok Idjo yaitu dibagi menjadi 3 bagian yaitu pra produksi, saat produksi dan kemudian pasca produksi.
a.       Pra produksi
Pada bagian ini adalah penyedian barang mentah yaitu mulai didatangkan dari supplier hingga barang siap masak. Lombok idjo yang berada di yogya ini mendapat supplier barang mentah dari semarang (Lombok idjo pusat) dan ada sebagian barang yang disuplai dari sekitar daerah jogja seperti sayur dan buah. Pada bagian pra produksi ini tidak bisa dipisahkan dengan namanya gudang penyimpanan barang, ada beberapa jenis barang yang langsung diolah seperti sayur-sayuran karena tidak tahan lama sehingga jika sisa maka akan di simpan dalam pendingin freezer .
Description: E:\soim_ads@yahoo.com\FOTO MAGANG\lombok ijo\100PHOTO\SAM_4065.JPG
 






Description: 20141010_100659.jpg






(Gambar pengolahan sayuran praproduksi.)

Description: E:\soim_ads@yahoo.com\FOTO MAGANG\lombok ijo\100PHOTO\SAM_4068.JPGDescription: E:\soim_ads@yahoo.com\FOTO MAGANG\lombok ijo\100PHOTO\SAM_4072.JPGGudang dalam Lombok idjo sendiri terdapat dua macam yaitu yang pertama untuk barang yang masa kadaluarsanya cepat seperti daging dan sayur dan gudang yang kedua adalah untuk menyimpan barang yang bisa tahan lama seperti peralatan-peralatan dapur,sabun, minyak, beras dan gula.



                                                                                                             


(Gambar gudang dengan satu orang petugas)
Pada bagian pra produksi ini  barang yang masuk dan keluar dicatat oleh karyawan dibagian gudang guna untuk mengetahui berapa jumlah persediaan yang dipunyai serta sebagai data  peramalan stok yang perlu dibutuhkan untuk hari berikutnya selanjutnya data tersebut diolah dibagaian kantor. Di bagian ini juga dilakukan proses persiapan untuk masak sesuai permintaan dari dapur seperti kegiatan penimbangan kangkung, pengupasan kulit jagung serta persiapan lain sebelom barang itu dimasak. Dalam semua kegiatan proses pra produksi ini semua sudah ada aturan atau standar yang ditetapkan oleh Lombok idjo seperti porsi berat timbangan serta tebal pemotongan. Sebelum barang masuk dapur semua sudah dalam keadaan siap masak termasuk dalam dalam keadaan bersih.
Description: IMG_20141009_111240Description: IMG_20141009_101307





                   Gambar gudang penyimpanan daging dan takaran timbangan kangkung
b.      Saat produksi
Pada saat produksi makanan dilakukan di dapur dan untuk minuman proses produksinya yaitu dibagaian bartender. Dibagian bartender ini hal yang dilakukan adalah tahap persiapan biasanya sebelum jam 10 pagi yaitu memeras jeruk sebanyak yang dibutuhkan mengupas alpukat,jambu serta buah lain yang kiranya butuh dikupas dengan tujuan untuk mempercepat proses dan mengurangi waktu menunggu.karena memang didalam Lombok Idjo sangat memperhatikan mengenai layanan termasuk mengurangi waktu menunggu konsumen.


Description: E:\soim_ads@yahoo.com\FOTO MAGANG\lombok ijo\100PHOTO\SAM_4078.JPG Description: E:\soim_ads@yahoo.com\FOTO MAGANG\lombok ijo\100PHOTO\SAM_4088.JPG
 





Gamabar  bartender dan persiapan pembuatan jus alpukat
Lain halnya aktivitas yang dilakukan didalam dapur,disini juaga perlu adanya persiapan guna memenuhi pesanan dari konsumen sistemnya adalah waiter mencatat pesanan apa saja yang dikehendaki konsumen kemudian kertas notanya diserahkan kebagian OT (order taker) yaitu bagian orang yang memesan kepada karyawan dapur untuk membuatkan apa yang telah dipesan tadi tentunya dibutuhkan waktu yang cepat.
Dalam dapursendiri terdapat banyak proses produksi mulai dari penggorengan,peracikan bumbu,penumbukan Lombok,pencucian ikan, pembuatan menu gudangan,pembuatan sup dll.

Description: E:\soim_ads@yahoo.com\FOTO MAGANG\lombok ijo\100PHOTO\SAM_4079.JPG
Description: E:\soim_ads@yahoo.com\FOTO MAGANG\lombok ijo\100PHOTO\SAM_4085.JPG
Description: E:\soim_ads@yahoo.com\FOTO MAGANG\lombok ijo\100PHOTO\SAM_4091.JPG
 











Description: IMG_20141009_131945.jpgDescription: E:\soim_ads@yahoo.com\FOTO MAGANG\lombok ijo\100PHOTO\SAM_3959.JPG
                                                                                             






Gambar beberapa kegiatan di dapur
c.       Pasca produksi
Setelah melewati bebrapa tahap proses akhirnya terwujudlah menu yang diinginkan oleh konsumen disini menghasilkan 2 macam produk yaitu masakan dan minuman. Pada pasca produksi ini di Lombok idjo juga melayani pesanan siap antar untuk daerah jogja dan sekitarnya. Jadi dalam hal ini di Lombok idjo konsumen ddapat memilih makan ditempat ataupun dibungkus.
 









Description: E:\soim_ads@yahoo.com\FOTO MAGANG\lombok ijo\100PHOTO\SAM_4013.JPGDescription: 20141008_095946.jpg








Gambar penyajian dan pengemasan oleh karyawan Lombok idjo

Dalam Lombok idjo juga melayani delivery order  dengan memiliki satu buah mobil dan dua buah motor pengantar pesanan.


Gambar trsportasi yang digunakan oleh Lombok idjo untuk mengantar pesanan



E. Penutup
Selama kami magang di Lombok Idjo, kami memiliki pengalaman yang sangat luar biasa dalam tata cara pengelolaan tempat usaha. Sebagaimana sempat di ungkapkan oleh manager Lombok Idjo. Bahwasanya, rumah makan Lombok Idjo dulunya terlahir dari warung makan kecil-kecilan dan berkat usaha yang gigih dan semangat pantang menyerah dari pemilik Lombok Idjo akhirnya Lombok Idjo semakin lama semakin berkembang dan menjadi rumah makan yang dikenal oleh masyarakat luas dan memiliki Sembilan cabang dan di Yogjakarta ini adalah cabang pertama yang di bangun setelah Lombok Idjo pusat yang ada di semarang. Sedangkan system kerja di Lombok Idjo tersebut memiliki dua struktur, yaitu management dan operasional. Di management sendiri ada dua yaitu induk management dan anak management. Anak management strukturnya ada dua yaitu accounting dan finance sedangkan di bagian operasional mencakup lima bagian kerja yaitu server, waiter, kasir, dapur, dan bartender. Dan cara kerja kelompok kami dibuat secara bergantian dan di tempatkan di tempat yang berbeda-beda tidak hanya satu tempat saja. Hal tersebut di maksudkan, agar kami dapat mempelajari alur kerja dan system kerja pada tiap-tiap bagian dalam operasional tersebut.

Di Lombok Idjo kami bekerja selama lima hari dan per harinya selama delapan jam. Walaupun hanya lima hari namun kami mendapatkan suatu hal yang sangat berharga untuk masa depan jika akan membuka bisnis kuliner. Banyak pembelajaran yang kami dapatkan setelah mengikuti magang, beberapa diantaranya yaitu bagaimana cara bangkit dari kegagalan, bisnis yang tidak lancar, naik turunnya pendapatan dan lain sebagainya.

Mungkin sedikit koreksi tentang pengadaan magang yang di adakan oleh Cendi Uin Suka yaitu peserta harus benar-benar di seleksi agar dapat mengetahui mana peserta yang benar-benar serius ingin mengikuti magang dan mana yang tidak selain itu juga persyaratan pengajuan harus di tambah misalnya mencantumkan pendapatan atau gaji orang tua. Namun walaupun ada koreksi untuk panitia magang akan tetapi kami mahasiswa sekaligus peserta magang sangat mengapresiasi panitia magang karena telah mengadakan program magang kewirausahaan ini dan hal tersebut di maksudkan agar mahasiswa tidak terjebak oleh kegiatan yang menghabiskan waktu di masa depan dengan mencari dan menunggu pekerjaan namun mahasiswa di bimbing dan diberi pelatihan ataupun arahan untuk secara mandiri membuka lapangan pekerjaan sendiri bukan mencari pekerjaan yang belum tentu kita mendapatkannya.

Kami juga berterimakasih kepada panitia Cendi Uin Suka karena telah memilih kami untuk menjadi bagian dari magang kewirauahaan pada tahun ini. Dan untuk masukan untuk tempat kami magang yaitu di Lombok Idjo, seperti yang telah kami bicarakan pada hari akhir magang bahwa system pelayanan tamu diharapkan untuk di perbaiki misalnya kesigapan para server dan waiter dan kebersihan makanan harus selalu di jaga mengingat sempat terjadi adanya lipstick di gelas sehingga tamu protes kepada kasir dan kebersihan agar selalu di jaga. Dan untuk kedepannya semoga Lombok Idjo semakin eksis di kalangan masyarakat luas dan memberikan hidangan yang semakin menonjol cita rasanya. Dan visi Lombok Idjo yang berbunyi tempat makan semua kalangan semoga benar-benar untuk semua kalangan masyarakat. selain itu kami juga berterimakasih kepada manager Lombok Idjo yang bersedia menerima kami untuk magang di Lombok Idjo, serta supervisor dan para crew yang bersedia membimbing dan mengajari kami.


Tidak ada komentar: